Recoloring Sepatu Buluk

Entah kebanyakan waktu luang atau mencoba menyibukkan diri biar bisa lari dari tugas-tugas kuliah yang numpuk, tiba-tiba aja pikiran gue tersentil buat ngelakuin sesuatu ketika ngeliat sepasang sepatu teronggok manis di pojokan. Warnanya udah memudar. Buluk gak jelas. Tapi kadang-kadang masih gue pake. Gue punya keyakinan kalau gue bisa melakukan sesuatu biar sepatu itu bisa kelihatan berwibawa lagi.

Ambil hp. Searching. 

Dalam pencarian itu gue menemukan berbagai cara, dari yang terlihat normal yaitu dengan menggosok karet sol pakai pasta gigi biar kembali putih, cat ulang kainnya pakai cat akrilik (kalau mau bagus sekalian pakai cat Angelus, tapi menurut gue terlalu mahal kalo cuma buat iseng-iseng), dan gue juga inget cara yang menurut gue agak nggak normal tapi pernah teman gue praktekan, yaitu dicat pakai cat semprot. Mantap gak tuh?

Setelah mikir keras, akhirnya gue memutuskan untuk menggunakan salah satu cara yang menurut gue cukup normal dan nggak ribet-ribet amat (ini sebenernya cukup beresiko dan beneran ribet. sedikit.), yaitu mewarnai ulang sepatu menggunakan wantex. Walaupun sempat ragu karena takut karet solnya meleleh dan copot karena kepanasan, tapi akhirnya tetap gue lakukan juga. Kenapa? Karena gue nggak akan pernah tahu hasilnya sebelum mencobanya.

Waktunya eksekusi.

Pertama.
Ambil panci atau wajan gede yang kira-kira muat dimasukin sepatu. Ingat, sepatu harus terendam agar warnanya merata. Ingat juga, wajan/panci itu harus yang nggak terpakai. Kenapa? Karena kalau panci/wajan itu masih terpakai, gue takutnya lo keracunan pas makan masakan yang dimasak pake panci/wajan itu, karena zat-zat kimia dari wantex itu masih nempel di sana. Atau, gini aja, lo pinjem panci/wajan ke siapa kek, kalaupun nantinya wajan/panci itu masih dipake buat masak dan zat kimianya masih nempel di sana, setidaknya bukan lo yang keracunan.

Kedua.
Masukan (gue pakai 2 bungkus) wantex ke dalam (gue pake ilmu kira-kira. Ya, kira-kira kerendem lah) air di dalam panci/wajan dan tunggu sampai mendidih. Oh, iya, ada yang nyaranin ditambahin garam, katanya biar warnanya nggak cepat luntur, dan gue pakai 4 sendok teh garam, atau sesuai selera aja. 

Ketiga.
Tunggu sampai mendidih.

Keempat.
Setelah mendidih, masukan sepatu ke dalam panci/wajan tersebut, dan usahakan sepatunya tengkurep. Jangan lupa sesekali diaduk agar warnanya merata.

Kelima.
Tunggu minimal 1 jam sampai warnanya benar-benar meresap dan merata.

Keenam.
Angkat dan tunggu sampai dingin.

Ketujuh.
Sikat sol sepatu sampai bersih. Perhatikan baik-baik sol sepatunya, karena ada sol yang menyerap dan ada yang nggak. Untuk kasus sepatu gue, solnya ikutan berubah warna dan nggak bisa kembali putih, padahal udah gue sikat. Padahal gue pikir bisa ilang dan nggak ikut berubah warna. Yah, nasib. Jadinya gue rebus lagi biar warna solnya merata, karena tadinya nggak rata huahaha...

Kedelapan.
Bilas dan keringkan.

Kesembilan.
Setelah kering, pakai lagi.
Itu gue pake kaos kaki ya. Kulit gue nggak seitem itu.

Solnya ikut jadi item XD

Alhamdulillah, menurut gue hasilnya nggak mengecewakan. Sepatu gue kembali terlihat berwibawa, dan bahkan ada yang menganggapnya baru, sampai ngotot pula, padahal gue yang punya sepatu. Untuk ketahanan warna, gue belum tahu. Semoga aja warnanya bertahan lama. 

Lumayan, daripada harus beli baru, lebih baik perbaharui yang ada. Lebih irit. Lebih memancing kreatifitas. Dan, waktu luang lebih bermanfaat. Iya, gue tahu, harusnya gue emang lebih memprioritaskan ngerjain tugas daripada ngelakuin beginian. Tapi, bodo amat. Do it yourself.

Udah, segitu aja. Semoga bermanfaat :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

20 komentar

komentar
17 December 2015 at 11:08 delete

Kreatif batsi. Mantap. Btw kemana aja baru nulis lagi?!!

Reply
avatar
19 December 2015 at 21:58 delete

Gue? Gak kemana-mana. Emangnya gue kemana?

Reply
avatar
27 January 2016 at 13:35 delete

Ga kepikiran gan!

Saya mau recoloring sepaatu buluk saya, Pak Agan udah buka cabang dimana saja?

Keep Posting !!!

Reply
avatar
15 February 2016 at 00:43 delete

Cabang apaan -_-
Gue cuma ngasih info yang (kayaknya) bermanfaat.

Reply
avatar
15 February 2016 at 22:39 delete

mantab sekali .
wah pake dikasih garem juga yak ? haha

Reply
avatar
23 January 2017 at 14:44 delete

Sama kayak adek gue. Sepatu masih bagus tp udh pudar warnanya dia wantex akhirnya karetnya juga ikut item. sebelumny udah gw bilangin mending repaint di shoesandcare, gak ddengerin. so alhasil sepatunya gak kepake skarang wkwkwk.jd jlek item smua. hahaha

Reply
avatar
7 March 2017 at 14:07 delete

Klo dimasak dengan pewarna wantexnya kira2 sol sepatu akan tidak meleleh gitu. Mhon infox gan

Reply
avatar
7 March 2017 at 23:22 delete

Kalau meleleh, sih, nggak. Buktinya itu nggak. Masalahnya, ada sol yang nyerep warna, dan ada yang nggak.

Reply
avatar
Anonymous
3 April 2017 at 06:38 delete

ini untuk sepatu kain ya gan?

Reply
avatar
28 April 2017 at 15:42 delete

Gan itu sepatu merk tomkin?

Reply
avatar
8 July 2017 at 14:11 delete

Itu kayak semacam kulit. Gak bisa menyerap.

Reply
avatar
16 July 2017 at 23:32 delete

coba pakai spidol permanen gan lbh aman

Reply
avatar
17 July 2017 at 11:16 delete

Kayaknya pegel tuh haha...
Tapi boleh dicoba nih~

Reply
avatar
24 July 2017 at 06:43 delete

Bahan bludru bisa ga bro?

Reply
avatar