5 Jenis Judul Yang Gampang Menarik Pengunjung Blog


Mungkin ada miliaran judul postingan blog yang tersebar di internet. Tapi, menurut gue dan kesoktahuan gue, cuma ada beberapa topik atau judul yang gampang banget narik orang buat mampir ke suatu blog. Bisa gue bilang judul-judul macem begini nggak ada matinya :


1. Download

Kenyataan bahwa kebanyakan orang yang berinternet ria lebih banyak menghabiskan kuota buat download nggak bisa dipungkiri.  Terserah mau ngaku atau nggak, orang-orang yang punya gadget dan pernah internetan pasti pernah download. 

Situs-situs download nggak bakal kehabisan visitor. Kenapa? Karena orang-orang butuh sesuatu untuk didownload, entah itu aplikasi, musik, atau bahkan video. Dan, sudah menjadi rahasia umum kalau banyak situs-situs penyedia download itu adalah ilegal, tapi tetap ramai.
 
"Download IDM versi.. bla... bla... bla... full crack."
"Download game...."

Atau...

"Download film jepang terbaru."

Blog dengan konten-konten download yang terstruktur dan rajin update menurut gue bakalan langgeng. Visitornya? Kalau memang situs itu lengkap dan sering update, kemungkinan yang pernah download di situs itu bakalan ngeracunin temennya buat ke situs itu juga.

"Eh, downloadnya di situs itu aja. Sssstttt... ada yang baru, lho."

2. Tutrorial

Sesungguhnya manusia adalah mahluk yang bodoh kalau nggak mau belajar. Karena itu, orang-orang yang mau pinter pasti belajar, dan nyari tutorial buat belajar. 

Di internet ada banyak postingan tentang tutorial, dari yang remeh sampai yang bikin sakit kepala. Kebanyakan orang zaman sekarang mengandalkan internet sebagai perpustakaan pertamanya. Iya, gak? Atau cuma gue yang begitu?

Misalnya :

"Cara menginstall windows 10 step by step disertai gambar"
"Begini cara ke bulan dengan modal pas-pasan."
"Cara jitu mengusir mantan yang datang mengetuk pintu hati."

3. Daftar atau urutan terbaik

Judul postingan yang berbau "daftar" atau "urutan" memang bikin penasaran. Nggak heran kalau pengunjung berdatangan, meskipun sebenarnya nggak niat cari begituan. Misalnya, lagi serius-seriusnya nyari bahan buat presentasi besok, eh... muncul postingan "5 Negara dengan jumlah jomblo terbanyak", kemungkinan 75% bakalan mampir ke postingan itu. Nggak tau ya kalau orang lain, tapi gue sih kemungkinan mampir ke situ.

Atau, jenis judul paling ngeselin karena bikin penasaran, meskipun nggak penting-prnting amat, misalnya : "Ternyata 7 pemain sepak bola Indonesia ini pernah pacari artis, nomor 5 sudah tiga kali!"

Judul-judul seperti itu banyak menarik pengunjung, bukan karena infonya yang penting, tapi karena bikin penasaran. 

4. Teknologi

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat teknologi tak terpisahkan dari kehidupan kita. Jangan bilang nggak peduli atau nggak penting, karena disadari atau nggak kita mungkin membaca postingan yang berbau teknologi, misalnya aja nyari,

"10 Handphone berkualitas dengan harga murah. Ssssttt... nomor 3 harganya di bawah satu juta!"

Ya, itu contoh daftar terbaik + teknologi. Bikin penasaran, kan?

Para maniak teknolog pasti nggak akan tahan kalau ngeliat berita teknologi terbaru. Atau, mungkin orang-orang awam yang  lagi iseng dan penasaran... apa sih hebatnya itu? apa sih bagusnya ini?  Meskipun tetep nggak ngerti dan nggak peduli, ya setidaknya jadi tau.

Dunia teknologi memang nggak bisa dikesampingkan, dan informasi tentang teknologi, baik itu gadge, hardware, software, penemuan-penemuan terbaru, atau teknologi masa depan pasti menarik untuk diketahui. Hal tersebut membuat situs-situs yang membahas segala hal tentang teknologi nggak akan sepi pengunjung. 

5. Konten Dewasa

Meskipun terdengar tabu, nyatanya situs-situs dewasa tetap ada, menjamur, bahkan berkembang pesat. Apa artinya? Itu artinya banyak peminatnya. Semakin banyak yang mengunjungi situsnya, maka semakin berkembang situs tersebut.

Ya, pokoknya begitu. Situs itu banyak diminati, karena manusia punya hawa nafsu. Karena manusia nggak bisa mengendalikan hawa nafsu, ya ujung-ujungnya ke situs itu. Situs itu dikunjungi oleh orang-orang yang gagal mengendalikan hawa nafsu, maka semakin berkembang situsnya. Semakin berkembang situsnya, maka semakin banyak pilihannya. Semakin banyak pilihannya, maka manusia semakin sulit mengendalikan hawa nafsu. 

Jadi, kendalikan hawa nafsumu sebelum terlambat!

Oh, iya, kalau ada yang mau bikin postingan atau bahkan bikin situs macam begitu, mendingan jangan. Kenapa? Dosa, dan juga kasihan orang-orang yang lemah iman.


Semua orang tentu pengen blognya ramai, dihargai, dan mendapat timal balik (dikasih komentar yang membangun atau dapat imbalan dari iklan). Maka hal pertama yang harus dicari adalah pengunjung, entah dari promosi, atau yang paling penting menentukan topik yang menarik sehingga orang akan tertarik.

Dalam ilmu kesoktahuan gue, ada dua kriteria konten yang membuat blog ramai :  Pertama, berisi pengeatahuan. Kedua, bikin penasaran. Dan, kalau bisa menggabungkan keduanya tentu akan lebih baik.

Tapi, menurut gue nulis konten yang kita suka adalah segalanya. Dengan begitu kita akan mendapatkan kepuasan, sementara timbal balik adalah bonusnya. Meski begitu, pasti bakalan lebih baik lagi kalau kita bisa membuat pembaca menikmati apa yang kita sukai.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar